Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual power point pada mata pelajaran IPA (penelitian tindakan kelas di kelas V MI. Wijaya Kusuma Jagakarsa Jakarta Selatan)
Main Author: | Yakub, M. |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI. Wijaya Kusuma Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada penggunaan media power point untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media power point, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V masih dalam kategori rendah dengan angka presentase 53% jauh di bawah target minimal kelengkapan, sedangkan siswa yang belajar sungguhsungguh hanya 10 siswa mendapat skor tinggi rata-rata 53. Setelah melakukan tindakan dengan menggunakan media power point pada siklus I, nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,8% yang berarti bahwa ketuntasan target minimal sudah tercapai tetapi belum maksimal, dengan nilai rata-rata 79,8, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai tersebut hanya 20 siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pelaksanaan pengunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, untuk menghindari anggapan bahwa hasil penelitian pada siklus I hanya kebetulan, peneliti melanjutkan penelitian ke dalam siklus berikutnya (siklus II) dengan hasilnya meningkat menjadi 84% yang berarti bahwa angka tersebut telah melampaui target minimal kelengkapan, dengan rata-rata nilai 84, dimana siswa yang mendapatkan nilai tersebut terdapat 24 siswa. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI. Wijaya Kusuma Jakarta Selatan dengan menggunakan media power point dapat tercapai dengan baik