Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode demonstrasi pada bidang studi fikih di MI At-Taqwa 11 Bekasi, pembelajaran fikih dikelas III tentang materi shalat yang memerlukan keterampilan dalam belajar agar siswa dapat memahami dan menguasai materi dan dapat mempraktekkan dengan baik dalam melakukan shalat. Dengan itu, guru fikih menggunakan metode demonstrasi yang diterapkan dalam pembelajaran fikih mengenai materi shalat, penggunaan metode demonstrasi sebagai salah satu metode mengajar dengan cara guru memperagakan langsung gerakan dan bacaan shalat dihadapan siswa dan siswa juga ikut mempraktekkan kembali materi shalat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk deskriptif data yang penulis peroleh dari lapangan, untuk memperoleh informasi yang bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket yang disebarkan kepada siswa, dengan populasi siswa sebanyak 209 siswa, dan sampel berjumlah 30 siswa kelas III MI At-Taqwa 11 Bekasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif digunakan pada bidang studi fikih di MI At-Taqwa 11 Bekasi. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai korelasi antara metode demonstrasi dengan pembelajaran materi fikih (shalat) sebesar = 0,41 yang merupakan nilai korelasi yang sedang atau cukup

Main Author: Usi Hanreta
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:

Lokasi

Koleksi OPAC Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Gedung Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Institusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Kota KOTA TANGERANG SELATAN
Provinsi BANTEN
Kontak Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi pustakawan institusi ini.