Hubungan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas xi SMA Triguna Utama Tangerang Selatan

Main Author: LATIFAH, Evi Lailatul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Masalah akhlak bagi para remaja khususnya siswa SMA merupakan permasalahan yang harus ditangani secara serius. Beragamnya persoalan siswa pada usia remaja yaitu menyangkut masalah penyimpangan akhlak akibat pengaruh media massa (seperti VCD, acara-acara televisi yang berbau kekerasan, pornografi dan porno aksi) serta adanya pengaruh lingkungan yang tidak baik, berdampak negatif terhadap perkembangan kepribadian siswa yang dihadapi sekolah akhir-akhir ini. Salah satu aspek yang mempengaruhi kepribadian siswa adalah kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa. Untuk mengembalikan citra remaja menjadi lebih baik maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kecerdasan emosional remaja. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah yaitu apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas XI SMA Triguna Utama Tangerang Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas XI SMA Triguna Utama Tangerang Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Triguna Utama Tangerang Selatan pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik angket (Questionnaire) bentuk skala Likert. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 53 siswa. Instrument penelitian terdiri dari 2 kategori yaitu instrument kecerdasan emosional dan instrument akhlak, dimana instrument tersebut diambil dari teori-teori yang telah teruji. Data penelitian kecerdasan emosional dan akhlak ini diperoleh dengan menggunakan alat ukur kecerdasan emosional berbentuk skala yang terdiri dari 45 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,90, dan alat ukur akhlak yang terdiri dari 20 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,81. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan formula Product Moment Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisa data dengan Product Moment Karl Pearson diperoleh hasil nilai r hitung = 0,674, r tabel = 0,273 dengan df = 50 dan dengan perhitungan Coefficient of Determination diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 45%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas XI SMA Triguna Utama Tangerang Selatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa akhlak yang terdapat dalam diri siswa dapat ditingkatkan dengan adanya pelatihan dan pengembangan kecerdasan emosional.