Daftar Isi:
  • Guru merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, oleh sebab itu rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik perlu diperhatikan karena merupakan salah satu kunci utama dalam menghasilkan guru yang berkualitas. Rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Singasari merupakan suatu kegiatan memperoleh calon tenaga pendidik dengan tujuan untuk memenuhi standar tenaga pendidik, untuk menjamin kelancaran KBM dan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Sedangkan manfaat penulisan ini mengetahui antara teori dengan realitas pelaksanaan rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Singasari Kecamatan Karanglewas Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek penelitianya adalah pelaksanaan rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Singasari. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, panitia rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik, guru, dokumen, serta sumber lain yang bisa membantu memberikan infirmasi terkait dengan pelaksanaan rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yaitu reduksi, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan rekruitmen dan seleksi tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas terdiri beberapa kegiatan yaitu proses rekruitmen dan seleksi. Dalam proses rekruitmen terdiri dari beberapa kegiatan yakni menenetukan analisis kebutuhan, pembentukan panitia rekruitmen tenaga pendidik, menentukan persyaratan-persyaratan melamar menjadi tenaga pendidik, penyebaran pengumuman lowongan tenaga pendidik baru dan penerimaan tenaga pendidik baru. Dan dalam proses seleksi terdiri beberapa jenis kegiatan seleksi yakni seleksi administrasi, wawancara, tes tertulis dan praktik mengajar dan pembuatan silabus.