IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMP N 2 PATIKRAJA
Main Author: | Fitri, yani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7590/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7590/2/FITRIYANI_IMPLEMENTASI%20KEGIATAN%20KEAGAMAAN%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20AKHLAK%20SISWA%20DI%20SMP%20N%202%20PATIKRAJA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7590/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Agama sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah umum memiliki keterbatasan jam pelajaran. hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk akhlak mulia. Dengan adanya penerapan kegiatan keagamaan yang ada di SMP N 2 Patikraja memberikan dampak yang signifikan terhadap pembentukan akhlak siswa. Salah satu bentuk implementasi kegiatan keagamaan guna membentuk akhlakul karimah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Yaitu jenis penelitian yang menhasilkan data deskriptif. Sehingga teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajiam data serta penarikan kesimpulan / verifikasi data. Berdasarkan perolehan-data baik dari observasi, wawancara, maupun dokumentasi, menunjukkan bahwa penerapan kegiatan keagamaan dalam pembentukan akhlak siswa menggunakan metode kegiatan rutin harian yang meliputi shalat dhuhur dan ashar berjamaah, shalat dhuha, dan tadarus al-Quran. Kemudian kegiatan mingguan yang meliputi pembacaan Asmaul Husna, ekstrakurikuler BTA, dan infaq. Kemudian kegiatan tahunan yang meliputi PHBI, dan amaliah ramadhan. Dari analisis yang peneliti lakukan pada kegiatan keagamaan dalam pembentukan akhlak siswa yakni dengan menanamkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan keagamaan. Dengan melaksanakan kegiatan shalat berjamaah dan shalat dhuha menjadikan siswa lebih disiplin dan memiliki kesadaran diri yang tingi, tadarus al-Quran meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, kegiatan infaq menjadikan siswa memiliki rasa peduli terhadap sesama, mengikuti kegiatan Maulid Nabi meningkatkan kecintaan siswa kepada Rasul serta meneladani sikap dan sifat Rasul. Memberikan hukuman atau teguran terhadap siswa yang melanggar peraturan dalam penerapan kegiatan keagamaan menjadikan siswa memiliki tingkat kesadaran akan kesalahannya dan membuat efek jera supaya lebih patuh terhadap peraturan yang diterapkan. Kata kunci: Kegiatan Keagamaan, Pembentukan Akhlak Siswa.