PENGARUH PELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYYAH AL-ITTIHAAD 2 PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Muthriqoh, Muthriqoh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6363/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6363/2/MUTHRIQOH_PENGARUH%20PELAJARAN%20TAJWID%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MEMBA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6363/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Al-Quran pedoman bagi kehidupan manusia khususnya umat islam. Salah satu kewajiban dan tanggung jawab yaitu mempelajari dan mengajarkan Al- Quran. Pada kenyataannya, masyarakat maupun sekolah masih banyak anak khususnya generasi muda islam yang belum mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa Madrasah Diniyah Salafiyyah Al Ittihaad 2 Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data-data yang diperoleh berupa data-data numerik dan pengolahan datanya dengan menggunakan statistik, dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi21. Subyek penelitian sebanyak 102 responden, pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 79. Pengumpulan datanya menggunakan tes dengan menggunakan tes buatan guru, data yang diperoleh dari tes langsung terhadap responden Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh pelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-quran di Madrasah Diniyah Salafiyyah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor ditunjukkan dari hasil output SPSS versi21 dapat diketahui nilai R square sebesar 0,068 (6,8%) dan selebihnya dipengaruhi faktor lain.