PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS Umi Rofiqoh (1423305087)

Main Author: Umi Rofiqoh, (1423305087)
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4626/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4626/2/UMI%20ROFIQOH_PEMANFAATAN%20MEDIA%20LINGKUNGAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPA%20KELAS%20V%20DI%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20KALIWE.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4626/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Media Lingkungan dalam Pembelajaran IPA kelas V di MI Ma”arif NU 1 Kaliwedi Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan untuk memperoleh pengalaman nyata yang memadukan antara teori dan kondisi nyata yang ada dilapangan. Pentingnya pemanfaatan media lingkungan dalam pembelajaran IPA bertujuan untuk mempraktekan materi mata pelajaran IPA yang terkait dengan alam. Media lingkungan adalah media yang berada disekitar lingkungan belajar siswa. Media lingkungan yang dimanfaatkan oleh guru adalah dengan memanfaatkan tiga lingkungan utama yaitu lingkungan sekitar sekolah meliputi halaman sekolah, hutan dan peternakan warga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan media lingkungan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahwa dari hasil penelitian menunjukan langkah-langkah pemanfaatan media lingkungan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan yang terdiri dari penyusunan RPP dan pemilihan media yang sesuai dengan materi pelajaran. Tahap pelaksanaan pemanfaatan media lingkungan dilakukan dengan pembelajaran di lingkungan sekitar, mengkondisikan siswa dan menjelaskan materi serta memberikan contoh nyata. Tahap yang ketiga dalah penutup yang dilakukan dengan memberikan tindak lanjut/evaluasi kepada siswa untuk mengukur keberhasilan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran. Kata kunci : Pemanfaatan Media Lingkungan, Pembelajaran IPA dan Siswa Kelas V