MANAJEMEN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 NUSAWUNGU KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP
Main Author: | TINDHI KINASIH, NIM. 1423303034 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4110/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4110/3/TINDHI%20KINASIH-MANAJEMEN%20PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20GURU%20PAI%20DALAM%20PENGGUNAAN%20METODE%20PEMBELAJARAN%20DI%20S.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4110/ |
Daftar Isi:
- Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dijalankan secara profesional. Salah satu ketrampilan guru yang memegang peranan penting dalam pembelajaran adalah ketrampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, diharapkan makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu, seorang guru harus memiliki kemampuan dalam memilih serta menggunakan metode pembelajaran. Supaya kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran berkembang, maka dibutuhkan suatu upaya untuk meningkatkannya. Berbagai kegiatan peningkatan kemampuan guru dapat berjalan dengan baik apabila dikelola atau di manage secara baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran di SMP Negeri 1 Nusawungu. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI yang ada di SMP Negeri 1 Nusawungu. Objek penelitian ini adalah mengenai manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran. Data didapatkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran di SMP Negeri 1 Nusawungu dikatakan cukup baik karena meliputi : perencanaan yang dilakukan secara kolaboratif, pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah selaku manager dengan memperhatikan kemampuan guru, penggerakkan dengan mengikutsertakan guru PAI dalam kegiatan pembinaan baik intern maupun ekstern yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar termasuk dalam penggunaan metode pembelajaran, kemudian pengendalian yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk pembinaan intern dan pengawas sekolah untuk pembinaan ekstern. Tentu saja dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan tersebut terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat.