METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | TRISMA DARUMURTI, 1123304075 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1907/1/TRISMA%20DARUMURTI_METODE%20PEMBELAJARAN%20PAI%20DI%20SD%20N%202%20BOBOSAN%20PURWOKERTO%20UTARA%20BANYUMAS%20TAHUN%20PELAJARAN%202014-2015.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1907/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1907/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinitermasukjenispenelitianlapangan yang bersifatkualitatif. Dalamkegiatanpenelitian yang menjadisumberinformasiadalah:Kepalasekolahdan guru pendidikan agama Islam.Sedangkanobjekdaripenelitianiniadalahmetodepembelajaran. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metodepembelajaranPendidikan Agama Islam danrelevansiantaramateridanmetode yang digunakan di SD Negeri 2 Bobosan.Penulisberharappenelitianinidapatbermanfaatbagipelaksanaanpembelajar anpendidikan agama Islam di SD N 2 Bobosansehinggadapatmeningkatkanmutu proses pembelajaran. Metodepengumpulan data yang digunakanuntukmemperoleh data-data yang berkaitandenganpenelitianiniantara lain: (1) Metodeobservasidigunakanuntukmemperoleh data-data tentangbagaimanametodepembelajaran yang digunakanoleh guru Pendidikan Agama Islam. (2) Metodewawancaradigunakanuntukmencari data tentangpembelajaranPendidikan Agama Islam yang diberikankepadasiswa yang ditujukankepada guru Pendidikan Agama Islam danKepalaSekolahuntukmengetahuikebijakan, himbauandanaturan yang dilaksanakan di SD N 2 Bobosan. (3) Metodedokumentasidigunakanuntukmemperoleh data tentanggambaranumum SD N 2 Bobosan, seperti: sejarahsingkat, visi, misi, tujuan, strukturorganisasi, keadaangurudansiswa, saranaprasarana, danprestasi yang telahdiraiholehsekolah.Analisis data dilakukandengananalisiskualitatifmenggunakanmetodeinduktifdanded uktif. Hasilpenelitianyang dilakukan penulis yaitumetode yang digunakan, dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalahmetodeceramah, metode Tanya jawab, metodediskusi, metode drill, metodepemberiantugas, danmetodedemonstrasi. Denganmetodetersebut, proses pembelajaranberjalancukupbaik, halituterlihatdarikeaktifansiswaketikamengikutikegiatanpembelajaran.Relevansian taramateriPendidikan Agama Islam denganmetodepembelajaran yang digunakan di kelas 4, 5 dan 6 secarakeseluruhancukuprelevan, xi halinidikarenakanpenggunaanmetodepembelajaran di sesuaikandengantujuanpembelajaran yang ingindicapai yang memuataspekkognitif, afektif, danpsikomotorik