Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran guru dalam menumbuhkan budaya literasi siswa di SD Negeri Sindangsari 1. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data yaitu kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, siswa kelas V, dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduki data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran guru dalam menumbuhkan budaya literasi siswa sebagai berikut: (a) penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS, (b) perannya sebagai teladan, motivator, fasilitator dan kreator dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa kelas V. 2) faktor pendukung dari pemerintah, orang tua, guru, serta sarana dan prasarana , sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa. penulis berharap pihak sekolah mampu memperbanyak buku bacaan yang bisa menarik minat membaca siswa agar kemampuan literasi siswa dapat meningkat dan melengkapi fasilitas PBM yang dibutuhkan siswa maupun guru yang bisa menunjang kegiatan literasi dasar.