Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul Studi Deskriptif Mengenai Learning Approach yang pada Mahasiswa Pendidikan Program Profesi Dokter (P3D) Universitas “X” Bandung. Sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian, maka rancangan penelitian yang diajukan adalah metode deskritptif dengan teknik survei. Adapun sampel dari penelitan ini adalah mahasiswa Pendidikan Program Profesi Dokter (P3D) Universitas “X” Bandung yang berjumlah 76 orang. Alat ukur yang digunakan untuk menjaring data mengenai learning approach diadaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh John Biggs (2001), yang diterjemahkan oleh peneliti ke dalam bahasa Indonesia yaitu The Revised Two-factor Study Process Questionnaire (R-SPQ-2F) yang terdiri atas 20 item. Dengan menggunakan Spearman ro (rs) diperoleh 20 item yang telah valid, dengan reliabilitas sebesar 0,535. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa learning approach yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Program Profesi Dokter (P3D) Universitas “X” Bandung adalah deep approach, dengan persentase sebesar 57,89% yang menggunakan surface approach sebesar 28,95% dan yang menggunakan deep dan surface approach secara seimbang 13,16%. Saran yang diberikan dari peneliti adalah agar melakukan penelitian lanjutan yang dikembangkan menjadi penelitian korelasi, yang menghubungkan learning approach dalam mempelajari materi kepaniteraan di Rumah Sakit pendidikan “X” dengan faktor-faktor yang mempengaruhi learning approach, seperti conception of learning dan experience in learning institution.