Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan PT Bank BJB Cabang Purwakarta)
Daftar Isi:
- Dalam suatu perusahaan peranan sumber daya manusia merupakan faktor dominan didalam penentuan jalannya roda usaha suatu perusahaan. Mengingat pentingnya peranan sumber daya manusia, maka sudah selayaknya kepuasan kerja dan motivasi kerja karyawan diolah sedemikian rupa sehingga kinerja karyawan semakin meningkat. Permasalahan yang dihadapi Bank BJB Cabang Purwakarta adalah bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan karena di tahun 2013 terjadi peningkatan absensi karyawan dan rendahnya penilaian kinerja di beberapa posisi, hal tersebut disebabkan kurangnya kepuasan kerja dan rendahnya motivasi kerja yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan Bank BJB Cabang Purwakarta. Untuk menjawab tujuan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, digunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan variabel kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kinerja karyawan yang disebarkan kepada seluruh populasi Bank BJB Cabang Purwakarta yang berjumlah 58 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif dan explanatory research, sedangkan pengolahan datanya dengan menggunakan program software SPSS for windows versi 17. Hasil penguji analisis path diperoleh nilai konstanta (kinerja karyawan/Y) sebesar 8,758, artinya bahwa tanpa ada pengaruh dari kepuasan kerja dan motivasi kerja maka besar kinerja karyawan sebesar 8,758, kemudian koefisien analisis jalur kepuasan kerja (X1) motivasi kerja (X2) sebesar 0,393, artinya bahwa kepuasan kerja dan motivasi kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 0,393, artinya jika kepuasan kerja (X1) dan motivasi kerja (X2) mengalami kenaikan 1 (satu) maka kinerja karyawan (Y) mengalami peningkatan 0,393.