Daftar Isi:
  • Dengan semakin tinggi persaingan yang dihadapi oleh perusahaanperusahaan yang berdiri, maka setiap perusahaan harus mampu memilih strategi yang tepat untuk diterapkan di dalam perusahaannya agar dapat memenangkan persaingan dan dapat tetap bertahan dalam situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Perlu ada usaha yang spesifik dari perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan produknya. Selain kualitas produk, promosi juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan oleh perusahaan. Intinya perusahaan harus menempatkan orientasi pada promosi sebagai tujuan utama dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui besarnya perannya bauran promosi yang diberikan oleh Shine Butik dalam meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan adalah metode survei yang hasilnya diuraikan secara deskriptif analisis. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara variabel bebas dan variabel tidak bebas. Adapun yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran promosi sedangkan variabel tidak bebas adalah tingkat penjualan. Dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang responden yang datang ke Shine Butik, maka didapat data hasil kuesioner mengenai bauran promosi yang diberikan Shine Butik dan tingkat penjualan., maka dilakukan uji Rank Sperman. Hasil penelitian dengan analisis Rank Sperman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cenderung cukup tinggi atau kuat dan searah yang ditunjukkan oleh nilai rs : 0.671238486. Nilai thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang kuat antara bauran promosi yang diberikan Shine Butik dengan tingkat penjualan. Kemudian dari analisis koefisien determinasi didapat bahwa pengaruh bauran promosi 45 % dan sisanya sebesar 55 % dipengaruhi faktor lain selain iklan dan promosi penjualan. Dari hasil penyebaran kuesioner yang telah diisi oleh para konsumen, maka dapat disimpulkan bahwa bauran promosi yang telah diberikan Shine Butik secara umum dan garis besar sudah cukup baik. Meskipun demikian sebaiknya perusahaan tidak boleh langsung puas dengan kondisi di atas, mengingat tingkat penjualan harus selalu meningkat dan persaingan yang terus berkembang. Perusahaan harus senantiasa meningkatkan pelaksaanaan bauran promosi dalam situasi persaingan yang ketat.