Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Studi deskriptif mengenai profil komitmen pada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi”. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui profil komitmen organisasi yang dimiliki guru PAUD di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi. Pengambilan data dilakukan pada 50 guru PAUD di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi yang berasal dari 25 PAUD. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komitmen Organisasi dari Meyyer dan Ellen (1997), dimana komitmen adalah keadaan psikologis yang menentukan karakteristik hubungan karyawan dengan organisasi dan terkait dengan keputusan mempertahankan keanggotaan di dalam organisasi. Teori lainnya yang menunjang penelitian ini adalah Teori Perkembangan Masa Dewasa Awal dan Dewasa Madya dari Santrock (2002) Alat ukur yang digunakan untuk komitmen organisasi berupa kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti dari Organizational Commitment Questionaire (OCQ) dari Meyer dan Ellen (1997). Berdasarkan uji validitas dengan korelasi Spearman dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach, diperoleh validitas alat ukur komitmen organisasi berkisar antara 0,367 - 0,778 dengan reliabilitas 0,744 Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan teknik analisis skor, diperoleh hasil 26% guru PAUD di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi memiliki profil komitmen Affective Tinggi, Continuance Tinggi, Normative Tinggi. Profil komitmen organisasi yang menempati urutan kedua adalah Affective Rendah, Continuance Rendah, Normative Rendah yaitu sebesar 24% guru PAUD. Sementara diurutan ketiga profil yang muncul adalah Affective Rendah, Continuance Tinggi, Normative Tinggi sebesar 18%. Saran yang diajukan kepada pengelola PAUD adalah dengan memberitahukan profile komitmen para guru PAUD khususnya guru PAUD yang masih memliki komitemen affective dan normative yang rendah sehingga nantinya pengelola bisa bekerjasama dengan DIKNAS membuat suatu pelatihan guna meningkatkan komitmen para guru PAUD.