PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI KONSTITUSI PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Serang)

Main Author: DAROJAH, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/9316/1/PERAN%20GURU%20PENDIDIKAN%20PANCASILA%20DAN%20KEWARGANEGARAAN%20DALAM%20UPAYA%20PENGEMBANGAN%20BUDAYA%20LITERASI%20KONSTITUSI%20PESERTA%20DIDIK.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/9316/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya pengembangan budaya literasi konstitusi peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya peran aktif dari guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraaan dalam upaya mengembangkan kegiatan literasi konstitusi diantaranya guru yaitu dalam hal menyalurkan pengetahuan konstitusi dan pengetahuan umum, menanamkan nilai dan moral, mengkreasikan kegiatan literasi konstitusi, serta berkomunikasi dan bekerjasama dengan lingkungan sekolah dalam upaya pengembangan kegiatan literasi konstitusi. Penyebab terhambatnya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan dalam upaya pengembangan budaya literasi konstitusi anatara kesibukan dan rasa malas peserta didik, kurangnya kerjasama antar guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan lainnya dalam membimbing peserta didik dalam kegiatan literasi konstitusi setiap minggunya, dan kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terutama dalam penyedian sarana prasarana di sekolah.