PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KERJASAMA SISWA KELAS VIII PADA SUBKONSEP GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 WARINGINKURUNG

Main Author: NATSILAH KHANSA, FARAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/8954/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20THINK%20PAIR%20SHARE%20TERHADAP%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20DAN%20KERJASAMA%20SISWA%20KELAS%20VIII%20PADA%20SUBKONSEP%20GANGGUAN%20SISTEM%20PERNAPASAN%20MANUSIA%20DI%20SMPN%201%20WARINGINKURUNG.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/8954/
http://fkip.untirta.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap pemahaman konsep dan kerja sama siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Model think pair share sebagai variabel bebas dan pemahaman kosep serta kerja sama siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Waringinkurung tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis pengaruh model think pair share terhadap pemahaman konsep diperoleh nilai t hitung sebesar (0,001) < 0,05 dan kerja sama siswa sebesar (0,021) < 0,05, maka Ho ditolak, dari hasil tersebut menunjukkan perbedaan pemahaman konsep dan kerja sama antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat diasumsikan bahwa model TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kerja sama siswa.