Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan trainer PLC Omron CP1E pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik di SMKN 4 Kota Serang, (2) Mengetahui tingkat kelayakan trainer PLC Omron CP1E pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik di SMKN 4 Kota Serang ditinjau dari aspek Validitas, (3) Mengetahui efektivitas penggunaan trainer PLC pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik di SMKN 4 Kota Serang. Penelitian dan pengembangan yang dipakai untuk penelitian ini yaitu Sukmadinata. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: (1) Studi pendahuluan, (2) Pengembangan model, (3) Uji model. Subjek penelitian yaitu siswa/I kelas XII Teknik Elektronika di SMKN 4 Kota Serang. Dengan teknik pengumpulan data yaitu memakai penyebaran angket, observasi dan wawancara, instrumen penelitian yang dipakai berupa angket untuk ahli media, ahli materi dan pengguna. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran dan praktikum materi PLC. Hasil dari Tingkat kelayakan media trainer mendapatkan skor 54,6 dengan nilai SBX = 42 maka rentan skor kategori yang didapat adalah “Sangat Layak”, dan tingkat kelayakan materi mendapatkan skor 70,3 dengan nilai SBx = 54 maka rentan skor yang didapat adalah “Sangat Layak”. Tingkat efektivitas media trainer mendapatkan hasil yang sangat signifikan. Hasil penilaian rata-rata siswa pada saat sebelum melakukan pembelajaran dengan trainer dan jobsheet mendapatkan hasil 42,78 dan hasil setelah menggunakan trainer dan jobsheet 80,08, dan diperoleh skor 0,65 pada uji n-gain sebagai tingkat efektivitas trainer di SMKN 4 Kota Serang