PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN IKLAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas dan iklan terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, teknik ini digunakan karena tidak semua mahasiswa dapat dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat ukur yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliablitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uju heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi R2 . Dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y = 0,119 + 0,276X1 + 0,339X2 + 0,107X3 + e dan data adjusted R square sebesar 0,476 hal ini berarti 47,6% variabel pengetahuan, religiusitas dan iklan memiliki pengaruh terhadap variabel minat mahasiswa menabung di Bank Syariah, sedangkan 52,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, variabel pengetahuan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,360 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,021 < 0,05 artinya pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, variabel religiusitas memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,366 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,021 < 0,05 artinya religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, dan variabel iklan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,996 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,004 < 0,05 artinya iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung. Hasil penelitian secara simultan (uji F) memiliki nilai Fhitung > Ftabel (20,662 > 2,75) dan tingkat signifikasi yang diperoleh (0,000 < 0,05) artinya pengetahuan, religiusitas dan iklan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah.