ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Kasus Pada Toko Atlanta Elektronik di Semarang)

Main Author: HASANAH, ANISATUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/803/1/COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/2/bab%20satu.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/3/bab%20dua.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/4/bab%20tiga.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/5/BAB%20empat.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/6/bab%20lima.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/803/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan pemasaran, selain berorientasi pada produk perusahaan juga berorientasi pada konsumen. Untuk mencapai pasar yang dituju dan agar dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, perusahaan harus melaksanakan kebijakan harga yang merupakan salah satu langkah perusahaan untuk dapat menarik konsumen. Sehingga dapat berpengaruh pada tingkat penjualan atau permintaan terhadap produk-produk dari konsumen kepada perusahaan. Perusahaan juga harus berusaha merespon secara positif usaha konsumen untuk memperoleh apa yang diharapkan dapat memberikan pepelayanan yang terbaik. Pepelayanan yang memuaskan akan membuat konsumen untuk melakukan lokasi yang strategis, aman dan nyaman guna menarik pelanggan. Toko Atlanta Elektronik yang beralamat di jalan MT. Haryono no. 540 Semarang merupakan salah satu toko elektronik dari puluhan toko elektronik yang ada di kota Semarang. Ketatnya persaingan bisnis elektronik menuntut pengusaha Atlanta Elektronik mencari cara yang kreatif untuk mempertahankan pelanggan dan menarik konsumen untuk melakukanpembelian. Dengan keterangan tersebut di atas penulis tertarik memilih judul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Toko Atlanta Elektronik di Semarang). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui pengaruh variabel harga, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, karena populasi yang diambil berukuran besar. Penentuan sampel menggunakan rumusRao purba diperolah 97. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, korelasi product moment, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 11. Dari persamaan regresi berganda antara harga (X1), pepelayanan (X2) dan lokasi (X3) diperoleh persamaan Y = 0,387 + 0,320 X1 + 0,394 X2 + 0,191 X3. Nilai konstanta 0,387 menyatakan bahwa jika variabel harga, pelayanan dan lokasi dalam keadaan konstanta maka keputusan pembelian konsumen memiliki nilai positif. Nilai X1 (0,320), X2 (0,394) dan X3 (0,191) menyatakan bahwa variabel harga, pelayanan dan lokasi berpengaruh positif terhadap pembelian konsumen. Uji hipotesis t untuk variabel harga diperoleh nilai t hitung 3,921, variabel pelayanan diperoleh t hitung 4,870 dan variabel lokasi diperoleh t hitung 2,003. Ketiganya mempunyai nilai lebih besar dari ttabel (1,66). Ini berarti bahwa variabel harga, pelayanan dan lokasi berdasarkan uji hipotesis t secara parsial berpengaruh positif. Sementara uji hipotesis F diperoleh F hitung 29,746 dimana nilai ini lebih besar dari F tabel (2,71) ini berarti secara bersama-sama variabel harga, pelayanan dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Meskipun ketiga faktor tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, manajemen toko hendaknya tetap memperhatikan ketiga faktor diatas dengan menetapkan harga yang terjangkau, memberikan pelayanan yang memuaskan dan lokasi tokoyang strategis.