PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, NILAI PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI tahun 2016-2020)
Daftar Isi:
- Perataan laba adalah suatu tindakan manipulasi yang sengaja, yang dilakukan oleh manajemen terhadap fluktuasi laba yang dilaporkan agar laba perusahaan berada di tingkat yang dianggap normal oleh perusahaan atau dengan kata lain agar laba yang dilaporkan perusahaan terlihat stabil sepanjang diizinkan oleh prinsip akuntansi dan manajemen yang sehat. Populasi dalam penelitian ini yaitu Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020 sebanyak 62 Perusahaan. Berdasarkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan. data yang diperoleh merupakan data sekunder yang bersifat kuantitatif. Alat yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi berganda mengungkapkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Sementara nilai perusahaan berpengaruh negatif terhadap perataan laba.