Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji tentang Efektifitas Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon, mengingat kitab kuning merupakan sebuah khasanah keilmuan yang harus dipelajari dan dilestarikan agar tidak semakin tergerus oleh arus perubahan zaman serta IPTEK yang semakin berkembang. Maka untuk memudahkan dalam membaca kitab kunng, diperlukan suatu metode yang efektif serta mudah digunakan untuk belajar membaca kitab kuning. Metode yang digunakan tersebut adalah Metode Ibtidai, yakni metode yang praktis dan mudah, berasal dari metode sorogan yang kemudian dijadikan konsep baku agar semakin mudah untuk dipelajari. Penelitian ini dilakukan dengan analisis terhadap Efektifitas Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, obsrvasi dan dokumentasi untuk mengetahui data yang terkait dengan penelitian. Dengan cara penulis datang langsung ke Lokasi untuk meneliti terkait Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Metode Ibtidai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Ibtidai terdapat tiga program yaitu (1) Program bagi Pasca TPQ, MADIN, SD/MI, (2) Program bagi yang di Asramakan (Mts/SMP, MA/SMA/SMK) dan (3) Program bagi yang Tidak di Asramakan (Lembaga Formal) (Mts/SMP, MA/SMA/SMK). Hal ini bertujuan agar generasi – generasi muda baik yang berada di pesantren maupun hanya sekolah Formal saja serta anak – anak pemula dapat membaca kitab kuning dengan mudah, lancar tanpa beban hafalan. Karena didalam Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Ibtidai tersebut sudah terdapat keterangan – keterangan kode makna, makna kitab, I’rob, murod serta syi’ir untuk memudahkan dalam memaknai kitab.