STUDI DESKRIPSTIF APLIKASI TEKNIK TES TERTULIS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA MI. SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: YUSUF, AMIN BAHRUDDIN
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1154/1/131310001959%20Amin%20Badruddin%20Yusuf.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1154/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • AMIN BAHRUDDIN YUSUF. NIM. 229016. STUDI DESKRIPSTIF APLIKASI TEST TERTULIS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI. SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Latar Belakang judul adalah Permasalahan yang terjadi di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara adalah salah satu lembaga formal yang memasukkan mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagai salah satu mata pelajaran pendidikan agama islam yang bertujuan membentuk manusia yang berakhlak dan berbudi pekerti yang luhur. Permasalahan yang terjadi bahwa hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di yang rendah berdampak pada akhlak karena siswa kurang menguasai materi pendidikan akhlak tersebut sehingga berdampak pula pada nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah Aplikasi Test Tertulis Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Apa saja Bentuk Test tertulis Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Apa saja faktor kelemahan dan pemecahan masalah yang dihadapi dalam aplikasi Test tertulis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak dan siswa MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Aplikasi Test Tertulis Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 menggunakan teknik tes ulangan harian, tes subsumatif dan tes sumatif. Bentuk Test tertulis Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah tes obyektif Faktor kelemahan dan pemecahan masalah yang dihadapi dalam aplikasi Test tertulis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah Kurangnya Respon Siswa, Kurangnya Komunikasi Aktif antara Guru dan Siswa, Kurangnya Kemampuan Berpikir Siswa, Kurang Keterbukaan Antara Guru dan Siswa, Minimnya Daya Serap Siswa dan Kurangnya Alokasi Waktu. Solusi pemecahan masalah yang dihadapi adalah guru memperhatikan sikap siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Guru memancing siswa untuk selalu melakukan pertanyaan setelah penyampaian materi pelajaran. Guru mengelompokkan siswa daya serap rendah kemudian diberikan bimbingan khusus untuk pemadatan materi. Guru menanyakan satu persatu siswa terhadap problem kesulitan belajar yang dialami dan Guru melaksanakan kegiatan tes untuk jam tatap muka yang khusus untuk kegiatan ulangan harian.