Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Di Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 01 Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pengembangan Pembelajaran
Main Author: | Ernawati, Ernawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/7645/1/2.pdf http://eprints.unm.ac.id/7645/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah apakah kegiatan kolase dapat mengembangkan motorik halus anak. Sedangkan tujuan pengembangan pembelajaran ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase di kelompok B2 Taman kanak-kanak kemala Bhayangkari 01 Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan pengembangan pembelajaran ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pada pengembangan penelitian ini menggunakan observasi anak dengan memberikan nilai Berkembang sangat baik (BSB), Berkembang sesuai harapan(BSH), Mulai berkembang(MB), Belum berkembang(BB).subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B2 berjumalh 19 anak di antaranya 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase sudah berkembang sesuai harapan dengan hasil yang bagus sesuai yang di harapkan oleh guru.