Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Structure Numbered Head (SNH) dan Numbered Heads Together (NHT) dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kabupaten Takalar

Main Author: NURQADRIANI, NURQADRIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/7405/1/BAB%20I%2C%20II%2C%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/7405/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Menguasai bahasa Jerman adalah modal untuk terlibat dalam era teknologi modern pada saat ini. Bahasa Jerman di SMA menjadi semakin penting untuk dipelajari. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu menuangkan ide dalam bentuk tulisan bahasa Jerman. Pemecahan masalah yang baik adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dan NHT pada keterampilan menulis bahasa Jerman. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimanakah deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe SNH dalam keterampilan menulis? (ii) bagaimanakah deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam keterampilan menulis? (iii) apakah pembelajaran kooperatif tipe SNH lebih efektif dari pada tipe NHT dalam keterampilan menulis? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe SNH dalam keterampilan menulis; (ii) model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam keterampilan menulis; (iii) keefektifan model pembelajaran kooperatif antara tipe SNH dan NHT. Penelitian ini bersifat eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Takalar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 4 yang berjumlag 40 orang sebagai kelas eksperimen 2. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test menunjukkan bahwa th (3,821) > tt (1,994) dengan df= 78 pada taraf signifikansi 0,05. Sedangkan dari hasil analisis deskriptif diperoleh μ1 = 16,25 dan μ2 = 10,8. Karena μ1 > μ2, maka hipotesis yang menyatakan bahwa “Ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis bahasa Jerman siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kabupaten Takalar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe SNH dan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT” diterima.