Daftar Isi:
  • Badrawiah.2017.Pengaruh Penggunaan Media Slide Effect Presentation Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Terpadu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbing oleh Farida Febriati, SS, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang bersifat monoton, yakni guru cenderung menggunakan metode ceramah dan menggunaan media yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan media sederhana yakni media yg berbasis cetak yaitu buku paket. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana gambaran penggunaan media Slide Effect Presentation terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar ? 2) Bagaimana gambaran hasil belajar dalam pembelajaran IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar ? 3) Apakah ada pengaruh pengunaan media Slide Effect Presentation terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menggambarkan penggunaan media Slide Effect Presentation terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. 2) Menggambarkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. 3) Mengetahui pengaruh pengunaan media Slide Effect Presentation terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 103 siswa, terdiri atas 47 siswa berjenis kelamin perempuan dan 56 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri atas 21 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 8 siswa berjenis kelamin perempuan, pengambilan sampel Probability Sampling dengan teknik sampling Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (T-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media Slide Effect berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPATerpadu kelas VIII di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.