PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA DI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR
Main Author: | ADE IRMA BAHTIAR |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/22883/1/sampul%20immah.docx http://eprints.unm.ac.id/22883/2/skripsi.docx http://eprints.unm.ac.id/22883/ |
Daftar Isi:
- ADE IRMA BAHTIAR. 2016. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Usulan penelitianini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar , M.Si dan Dra.Istiyani Idrus , M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah mengenai strategi pembelajaran anak usia dini dikelompok bermain Tunas Bangsa Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana menerapkan Strategi Pembelajaran anak usia dini serta apakah faktor pendukung dan juga penghambat pada strategi pembelajaran yang diterapkan di kelompok bermain Tunas Bangsa Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar?. Tujuan untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan dan juga apakah faktor pendukung dan penghambat stretegi pembelajaran yang diterapkan dikelompok bermain Tunas Bangsa Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriktif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 3 orang tenaga pendidik , dan 13 anak yang memiliki keterlibatan secara langsung dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelompok bermain Tunas Bangsa Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pengumpulan data dikumpul melalui observasi dan wawancara. Dan data diolah dengan menelaah seluruh data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran yang diterapkan di kelompok bermain Tunas Bangsa Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar maka pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan dalam menerapkan strategi-strategi pembelajaran tersebut terdapat beberapa faktor pendukung seperti, keluarga, lingkungan dan anak didik itu sendiri meskipun terdapat faktor penghambat terutama pada diri anak yang memiliki karakter yang berbeda-beda bagi setiap anak didik hal ini tidak menjadi penghambat utama disebabkan adanya kerjasama dan kemampuan tutor dalam menerapkan ketiga startegi tersebut selama proses pembelajaran berlangsung.