PENGGUNAAN CUBARITME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN DUA ANGKA BAGI MURID TUNANETRA KELAS II DI SLB A YAPTI MAKASSAR

Main Author: RIKA. N
Format: Article PeerReviewed Book Image
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/22380/1/1.%20Sampul%20luar.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/2/2.%20Sampul%20dalam.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/11/PERSETUJUAN%20PEMBIMBIN1%20ttd.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/3/3.%20pernyataan%20keaslian%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/4/4.%20Motto%20dan%20persembahan.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/5/5.%20Abstrak.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/6/6.%20prakata.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/7/7.%20Daftar%20isi.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/8/8.%20Daftar%20tabel.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/9/10.%20Daftar%20Grafik.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/10/11.%20Daftar%20lampiran.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/12/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/13/BAB%20II.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/14/BAB%20III.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/17/BAB%20IV.doc
http://eprints.unm.ac.id/22380/15/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/16/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/18/LAMPIRAN%200.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/19/validasi.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/20/VALIDASI%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/21/DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/22/IMG_4728.JPG
http://eprints.unm.ac.id/22380/23/IMG_4729.JPG
http://eprints.unm.ac.id/22380/24/IMG_4730.JPG
http://eprints.unm.ac.id/22380/25/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/26/JURNAL%20RIKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/22380/
Daftar Isi:
  • Rika. N, 2019. Penggunaan Cubaritme Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Dua Angka Bagi Murid Tunanetra Kelas II di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi Dibimbing Oleh Dr. Usman, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid tunanetra kesulitan dalam penjumlahan bilangan dua angka di SLB A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan cubaritme? (2) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sesudah penggunaan cubaritme? (3) Bagaimanakah gambaran peningktata kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan cubaritme? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan cubaritme? (2) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sesudah penggunaan cubaritme? (3) Mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan bilangan dua angka pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan cubaritme? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah dua orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dalam bentuk tabulasi data kemudian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar sebelum penggunaan media cubaritme tidak mampu memahami konsep penjumlahan 1-50 (2) Hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar setelah penggunaan media cubaritme siswa mampu memahami konsep penjumlahan 1-50 (3) Terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB A YAPTI Makassar melalui penggunaan media cubaritme. Kata kunci: Cubaritme, Penjumlahan bilangan dua angka, murid tunanetra