PENGEMBANGANPERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI MULTIMEDIA PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Main Author: Purnama, Nisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14998/1/JURNAL%20PENGEMBANGANPERANGKAT%20PEMBELAJARAN%20MATA%20KULIAH%20TEKNOLOGI%20MULTIMEDIA%20PADA%20JURUSAN%20PENDIDIKAN%20TEKNIK%20ELEKTRONIKA%20UNIVERSITAS%20NEGERI%20MAKASSAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14998/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui tahapan pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah Teknologi Multimedia di Jurusan Pendidikan Elektronika FT-UNM (2)Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Multimedia di Jurusan Pendidikan Elektronika FT-UNM. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Prosedur Pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek Penelitian adalah mahasiswa (i) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, sedangkan Objek Penelitian adalah Produk Pembelajaran berupa Buku Ajar. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian (menurut Ahli Materi dan Ahli Desain). Hasil validasi ahli materi I mendapat persentase 85,25%, Ahli Materi II 93,58%, Ahli Desain I 81,97%, Ahli Desain II 89,53%. Berdasarkan hasil validasi dan revisi dari ahli desain, ahli materi dapat diketahui bahwa bahan ajar berupa buku ajar mata kuliah Teknologi Multimediadikatakan layak dan sangat baik, sesuai dengan tabel penilaian dan penentuan kategori kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran Teknologi Multimedia di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Teknologi Multimedia, ADDIE