Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Iklan Di PT. Radio Manggala Nusa Ponorogo
Main Author: | Hastari, Latifah Putri |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/8010/1/SKRIPSI%20UPLOAD.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/8010/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hastari, Latifah Putri. 2019. Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Iklan di PT. Radio Manggala Nusa Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Jannah, M. Ag. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Radio, pengiklan. Era globalisasi saat ini semakin memicu persaingan dalam perusahaan. Pengelolaan usaha menjadi penting sehingga harus menciptakan strategi yang tepat agar mampu bertahan dalam persaingan. Stasiun radio dapat bertahan karena adanya iklan. Oleh karena itu, untuk menarik minat pengiklan dan mempertahankan pendengar, media radio dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu jenis strategi yang dapat digunakan adalah bauran pemasaran. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran di Radio Romansa FM Ponorogo dalam meningkatkan pengiklan. Hal ini dikarenakan Radio Romansa FM Ponorogo adalah salah satu radio di Ponorogo yang memiliki pendengar musik pop ditengah banyaknya radio di Ponorogo yang memiliki pendengar musik dangdut, campursari dan ponoragan, sehingga Radio Romansa FM Ponorogo dituntut untuk mempertahankan pendengar sehingga dapat menarik pengiklan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran Radio Romansa FM Ponorogo dalam meningkatkan jumlah iklan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran Radio Romansa FM Ponorogo. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penulis menganalisa data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada dalam Radio Romansa FM Ponorogo dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu strategi bauran pemasaran.Penelitian dilakukan di Radio Romansa FM Ponorogo yang beralamat di Jalan Pacar No. 12 Tonatan Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Radio Romansa FM Ponorogo membaurkan elemen-elemen dalam pemasaran yang ditekankan pada 4P sebagai strategi dalam menghadapi persaingan. Product (Produk) di Radio Romansa FM Ponorogo berupa program yang berbeda dengan radio yang lain di Kota Ponorogo yaitu program dengan segmen anak muda. Price (harga) yang dimaksud adalah paket iklan, harga terjangkau yaitu mulai Rp. 25.000. Place (tempat) yaitu lokasi penempatan iklan radio Romansa FM Ponorogo yang dilakukan dengan strategi penempatan iklan radio berupa waktu tertentu dan kesepakatan khusus. Promotion (promosi) yang dilakukan oleh radio Romansa FM Ponorogo dilakukan dengan cara iklan di media massa (koran), memasang spanduk, sponsorship, dan promosi langsung. Implementasi bauran pemasaran secara keseluruhan telah berhasil meningkatkan jumlah iklan. Terbukti setiap bulannya pada bulan Januari-Juli tahun 2019 terus meningkat.