PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMPERHATIKAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penel itian ini dilatarbelakangi oleh k urangnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks eksplanasi disebabkan kurangnya kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping dibandingkan kelas kontrol ; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping dibandingkan kelas kontrol ; mengetahui keefektif an metode mind mapping yang digunakan dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan; dan mengetahui perbedaan keefektifan metode mind mapping dibandingkan metode example non-example. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,57 berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,51 berkategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata- rata hasil pretes 35,31 > 33,10 dan rata- rata hasil postes 76,06 > 56,55. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol den gan hasil peningkatan sebesar 435,00 > 431,00. Metode mind mapping efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode example non-example pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,00 0 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode mind mapping efektif digunakan pada pembelajaran menyajikan teks eksplanasi den gan memperhatikan kaidah kebahasaan. Kata Kunci: eksplanasi , kebahasaan, m enulis, mind mapping, teks.