PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar kimia materi reaksi redoks. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yaitu dengan uji Indepent Sample t-Test. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel ( 2,14 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia flash dibandingkan dengan media pembelajaran Powerpoint.