UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A MTsN 4 PADANG LAWAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN GEOGEBRA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir setiap siklus, guru memberikan tes untuk mengukur peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada penelitian ini, subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 36 siswa. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi kegiatan guru. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dan lembar observasi kegiatan guru digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata siklus I adalah 72,91 (cukup), dan siklus II adalah 91,66 (sangat baik). Rata-rata kemampuan penalaran matematis awal siswa, siklus I, dan siklus II masing-masing adalah 51,16 (cukup) dengan persentase ketuntasan klasikal 25%; 65,97 (baik) dengan persentase ketuntasan klasikal 47,22%; serta 82,18 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan klasikal 86,11%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra