Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil analisis kebutuhan mahasiswa sehubungan dengan pengembangan buku ajar Perkembangan Hewan; (2) kelayakan materi; (3) kelayakan desain pembelajaran; (4) kelayakan desain layout; (5) respon dosen pengampu; (6) respon mahasiswa; (7) efektivitas dari buku ajar perkembangan hewan. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli desain pembelajaran, ahli layout, dosen pengampu dan mahasiswa Jurusan Biologi. Intrumen penelitian berupa Lembar Penilaian Validator Ahli, Lembar Penilaian Dosen Pengampu dan Angket Penilaian Mahasiswa terhadap Buku Ajar Perkembangan Hewan. Uji efektivitas Buku Ajar dilakukan di Jurusan Biologi Unimed berdasarkan pengetahuan kognitif mahasiswa pengguna. Rata-rata hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 86,68% kategori (sangat baik), ahli desain pembelajaran 92,50% (sangat baik), ahli desain layout sebesar 96,00% (sangat baik), tanggapan dosen pengampu mata kuliah sebesar 84,37% (sangat baik). Berdasarkan uji perorangan rata-rata yang diperoleh 82,08% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh 89,00% (sangat baik), dan uji lapang terbatas diperoleh 86,43% (sangat baik). Rata-rata hasil uji efektifitas buku dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh 69,00% pada kelas eksperimen dengan kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 47,90% dalam kategori kurang efektif.