PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE MEET-GOOGLE CLASSROOM DENGAN GOOGLE MEET-WHATSAPP GROUP PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 4 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan literasi digital siswa dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom dengan Google Meet-Whatsapp Group pada materi ekosistem di SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan pada bulan Januari sampai Maret 2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang teridir dari 72 siswa yang dipilih secara Random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memberikan tes kognitif (Pre-test dan Post-tets) sebanyak 30 soal pilihan ganda dan angket literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas X MIA 3 dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 53,44 standar deviasi sebesar 5,26 dan rata-rata post-test sebesar 86,00 standar deviasi 5,21 dan pada kelas X MIA 4 dengan Menggunakan Google Meet-Whatsapp Group diperoleh nilai rata-rata pre-test 48,69 standar deviasi 6,54 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,25 standar deviasi 6,24. Literasi digital siswa pada kelas eksperimen I (Google Meet-Google Classroom) sebesar 71% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan literasi digital siswa pada kelas eksperimen II (Google Meet-Whatsapp Group) sebesar 69%. Adanya perbedaan hasil belejar dan literasi digital siswa dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana jika nilai signifikan atau Sig (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima jika Sig (2-tailed)> 0,05 Ho ditolak, uji hipotesis hasil belajar yaitu 0,007< 0,05 dan pada literasi digital yaitu 0,034<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan literasi digital siswa dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom lebih tinggi dari pada Goole Meet-Whatsapp Group.