Daftar Isi:
  • Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai analisis kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur dan menyimpulkan isi teks persuasi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Tinada Pakphak Barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Tinada Pakpak Bharat sebanyak 90 siswa. Peneliti menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini ialah kelas VIII-A. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Sugiyono dengan partisipasi pasif dan dokumentasi. Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur dan menyimpulkan isi teks persuasi pada kelas VIII masih terkategori kurang baik, diketahui dari hasil rata-rata siswa yang memiliki skor 58. Kemampuan dalam mengidentifikasi struktur teks persuasi dibagi menjadi 4 bagian, pengenalan isu rata-rata mendapat skor 15 (Baik), rangkaian argumen mendapat skor 5 (Kurang baik), ajakan-ajakan mendapat skor 10 (Cukup baik) dan penegasan kembali mendapat skor 15 (Baik). Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Tinada Pakpak Bharat dalam menyimpulkan isi teks persuasi memiliki rata-rata skor 6 (Kurang baik).