PENGARUH SIKAP MANDIRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi prodi pendidikan bisnis stambuk 2017 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap mandiri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling karena penelitian kurang dari 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 10.333 + 0,540X1 + 0,275X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien sikap mandiri (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila sikap mandiri mahasiswa (X1) mengalami kenaikan, maka minat berwirausaha (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien pendidikan kewirausahaan (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila pendidikan kewirausahaan (X2) mengalami kenaikan, maka minat berwirausaha (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap mandiri terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung sebesar 3,021 > 1,987 dan nilai signifikansi 0,003<0,05. Pendidikan Kewirausahaan juga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung sebesar 2,569>1,987 dan nilai signifikansi 0,012<0,05. Selanjutnya sikap mandiri dan pendidikan kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai Fhitung sebesar 23,654>3,10 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 35,5%. Sedangkan sisanya 64,5% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.