PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini ialah Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang cenderung berlebihan karena mahasiswa lebih menghabiskan uangnya untuk memenuhi keinginan daripada kebutuhan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Stambuk 2018 yang berjumlah 522 mahasiswa dengan 226 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik samplingyang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Hasil perhitungan regresi Analisis Linear Berganda adalah Y = 13,285 + 0,078 X_1 + 0,213 X_2 + 0,558 X_3 + e. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai t_hitung > t_(tabel )(1,114 < 1,970 pada taraf signifikan 0,267 > 0,05. Kondisi sosial ekonomi keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan t_hitung > t_(tabel ) (3,419 > 1,970) pada taraf signifikan 0,001 < 0,05. Media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan t_hitung > t_(tabel ) (11,627 > 1,970) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa literasi keuangan, kondisi sosial ekonomi keluarga dan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai f_hitung > f_(tabel ) (95,494 > 2,64) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan koefisien determinasi (R^2) 0,563 atau 56,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif, dan media sosial terhadap perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial dan simultan.