Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang tercermin dari harga saham perusahaan yang mengalami fluktuasi. Harga saham menjadi salah satu tolak ukur penilaian investor atas besarnya ekuitas yang dimiliki perusahaan yang berpengaruh pada pengambilan keputusan investasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pahun 2017-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 30 perusahaan untuk tahun 2017-2019, sehingga data sampel penelitian berjumlah 90. Teknik pengumpulan data adalah dengan mengunduh laporan keuangan dari situs www.idx.co.id. Teknik analisis data dengan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis Uji T. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,069. Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan sig 0,615. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sig 0,000. Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan sig 0,305. Kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sig 0,000. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa profitabilitas dan kebijakan dividen merupakan faktor yang mendominasi tingginya nilai perusahaan. Semakin besar profitabilitas yang terjadi maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Semakin besar pembagian dividen yang terjadi maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa likuiditas, leverage dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.