Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan terhadap pengembangan media pembelajaran kartu kata untuk meningkatkan membaca permulaan kelas 1 SD Negeri 073 Jambur Padang Matinggi , Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu: Analize, Design, Development, Implemention, dan Evaluation. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 073 Jambur Padang Matinggi, Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian dan pengembangan media kartu kata menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media menyatakan “Sangat Layak” dengan persentase (98,18%), hasil penilaian ahli materi mendapatkan “Sangat Layak’ dengan persentase (96,36%), hasil penilaian guru “Sangat Layak” dengan Persentase (97,14%), dan uji coba perorangan memperoleh nilai rata-rata 99,43% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 99,68% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, maka diperoleh nilai rata-rata 98,14% atau 98% dengan kriteria “Sangat L”ayak. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 073 Jambur Padang Matinggi , Kabupaten Mandailing Natal hasilnya sangat layak digunakan.