Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII-4 yang berjumlah 31 siswa melalui teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan dalam menulis teks persuasi berdasarkan aspek struktur yang memperoleh nilai rata-rata (80,64) dengan kategori baik dan aspek kaidah kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (76,93) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan pada; (1) aspek struktur menunjukkan pada kategori sangat baik (36%), kategori baik (55%), kategori cukup (6%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). (2) aspek kaidah kebahasaan menunjukkan pada kategori sangat baik (29%), kategori baik (42%), kategori cukup (26%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa menulis khususnya dalam menulis teks persuasi berdasarkan aspek sruktur dan aspek kaidah kebahasaan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks persuasi.