Daftar Isi:
  • Peneitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis apakah soal ujian semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2019/2020 telah memenuhi perspektif Low Order Thinking Skill (LOTS), Middle Order Thinking Skill (MOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan untuk menganalisis bagaimana pendistribusian soal ujian semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2019/2020 berdasarkan perspektif Low Order Thinking Skill (LOTS), Middle Order Thinking Skill (MOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS).Sumber data yang diperoleh dari soal ujian semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas X dengan jumlah soal sebanyak 30 soal dengan tipe soal Low Order Thinking Skill (LOTS) sebanyak 35%, untuk tipe Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 7%, dan untuk tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 30%. Kemudian data yang diperoleh di kelas XI dengan jumlah soal 30 soal dengan tipe soal Low Order Thinking Skill (LOTS) sebanyak 60%, untuk tipe Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 3%, dan untuk tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 37%.