PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOKKE KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI Semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelas XI MIA-5 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk essay. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 36,28 dan 33,29, setelah diberi perlakuan yang berbeda hasil rata-rata nilai postes kelas eksperimen adalah 73,03 dan kelas kontrol 53,03, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 5,939 dan ttabel= 1,669 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020.