PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA KELAS VI SD HKBP 2 SIDORAME MEDAN
Main Author: | Manalu, Santy |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/37337/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/45.-Santy-Manalu.pdf |
Daftar Isi:
- Era revolusi 4.0 memberi dampak yang cukup luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan Salah satu tantangan nyata tersebut adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi utuh. Kompetensi era revolusi 4.0 merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki peserta didik agar mampu berkiprah dalam kehidupan nyata pada abad ke-21. Di Abad-21 ditantang untuk mampu menciptakan pendidikan yang dapat ikut menghasilkan sumber daya pemikir yang mampu ikut membangun tatanan sosial dan ekonomi sadar pengetahuan sebagaimana layaknya warga dunia di Abad-21. Dan pada era revolusi 4.0 ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan baik itu pada guru maupun peserta didik. Maka dari itu guru dan peserta didik harus mampu saling memberikan respon yang baik atau bekerjasma dalam memajukan mutu atau kualitas pendidikan. Contoh metode yang diberikan dalam mengembangkan critical thinking seperti menggabungkan metode problem solving dengan video atau blogging. dengan Demikian, siswa akan mempelajarai suatu hal yang berbeda dan baru untuk dianalisis dan dipelajari. Hal ini akan memacu siswa untuk berpikir kritis. Dengan demikian, siswa akan memiliki critical thinking skills yang berkembang dengan optimal dan siswa akan mampumenghadapi era revolusi industri 4.0 kedepannya.