PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A. 2017/2018 yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran pendekatan kontekstual dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran pendekatan konvensional. Jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal tes kemampuan koneksi matematika yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data tes kemampuan koneksi matematika, nilai rata – rata di kelas eksperimen sebesar 73,21, sedangkan nilai rata – rata di kelas kontrol sebesar 61,5. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu arah, diperoleh sebesar dan sebesar dengan taraf nyata = 0,05 sehingga . Dengan demikian ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan.