Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada Think Pair Share (TPS) pada materi Fungsi Komposisi di kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Tebing Syahbandar yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 196 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, dengan teknik ini, pengambilan sampel bukan berdasarkan individu, melainkan mengacu pada kelompok. Untuk menentukan ukuran sampel yang akan digunakan maka dapat ditentukan dengan rumus Taro Yamane atau Slovin. Dari 6 kelas, diambil 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen A yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen B yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa adalah tes yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test dari kelas eksperimen A dengan model pembelajaran NHT dan kelas eksperimen B dengan model pembelajaran TPS diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen A sebesar 75,50 dan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 65,91. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,56 dan ttabel = 1,9989 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,56 > 1,9989 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa fasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada model kooperatif tipe (NHT) Think Pair Share (TPS).