Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis (KKM) dan self-confidence (SC) siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan. (2) mendeskripsikan apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) siswa terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-confidence siswa, (3) mendeskripsikan proses jawaban penyelesaian masalah siswa pembelajaran kontekstual dan pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, sampel diambil secara random dan diperoleh 68 siswa yang diumpamakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes kemampuan koneksi matematis diukur melalui 5 butir soal uraian. Self-Confidence diukur melalui angket yang terdiri dari 30 item pernyataan. Analisis data dilakukan melalui analisis varian dua jalur. Berdasarkan hasil analisis, (1) pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-confidence siswa, (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-confidence siswa, (3) proses jawaban siswa pada pendekatan pembelajaran kontekstual lebih baik.