PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning dan Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Koloid. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI XI SMA NEGERI TA. 2016/2017 Semester Genap Kurikulum 2013. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,862). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa, siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning dengan rata-rata hasil belajar 87,19 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan rata-rata hasil belajar 81,09. (2) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 78,25 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yaitu dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 73,50. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan korelasi tinggi yaitu rhitung=0,63.