MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 106172 TUNTUNGAN KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet akan meningkat melalui penggunaan metode Penemuan Terbimbing di kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan semester genap T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan tiap siklus dilakukan 2 x pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan T.A 2016/2017 sebanyak 24 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan ganda. Tes yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretes, tes siklus I dan II. Sedangkan Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil tindakan siklus I dan II dengan menggunakan metode penemuan terbimbing pada mata pelajara IPA tentang Gaya Magnet, dari nilai hasil tes belajar aspek penguasaan konsep pada siklus I terdapat 14 siswa yang mengalami ketuntasan dengan persentase klasikal 58,33% dan 10 siswa yang belum tuntas dengan persentase 41,67%. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga ketuntasan meningkat menjadi 22 siswa dengan persentase 91,67% dan 2 siswa yang belum tuntas. Hasil Observasi pada aspek penilaian sikap siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus I sebesar 62,24 (cukup) dan meningkat pada siklus II sebesar 78,38 (baik). Pada aspek penilaian keterampilan siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus I sebesar 65,73 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 78,95 (baik). Dari tindakan siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan. Guru disarankan dalam pembelajaran dapat menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.