Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 lebih efektif terhadap pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,27 “Sangat Baik” dan Interpretasi “Sangat Layak”. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,37 “Sangat Baik” dan Interpretasi “Sangat Layak”. Pengujian kepada siswa dimana hasil pengujian memiliki rata-rata penilaian sebesar 4,50 “Sangat Baik” Interpretasi “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan sangat baik dan Sangat Efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Dasar dan Pengukuran Listrik.