PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOLANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pengembangan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (2) kelayakan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (3) hasil belajar menulis cerpen berbasis pengalaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kolang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Negeri 1 Kolang pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 88,88% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, aspek kelayakan buku dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 88,75% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba guru dengan rata-rata 86.03% dengan kriteria sangat baik (5) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,86% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,25% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 88,57% dengan kriteria sangat baik, (7) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar 63,69% dan hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan bahan ajar 74,63% dengan kriteria baik. Dengan demikian, modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.